Khotbah Bilangan 14:39-45

Hikmah Kegagalan

Bacaan : Bilangan 14:39-45; Kisah Para Rasul 2:41

“Lalu turunlah orang Amalek dan orang Kanaan yang mendiami pegunungan itu dan menyerang mereka; kemudian orang-orang itu mencerai-beraikan mereka sampai ke Horma” (Bilangan 14:45).

Kegagalan adalah peristiwa yang paling menakutkan. Tetapi justru dalam kegagalan Allah dapat menghasilkan karya yang hebat dalam hidup Anda. Tahukah Anda bahwa sebelum Thomas Edison menciptakan baterai yang bisa menyimpan tenaga listrik, ia telah melalui 50 ribu kegagalan?! Dengan kata lain ia telah melakukan kurang lebih 50 ribu eksperimen sebelum ia berhasil menciptakan baterai tersebut. Albert Einstein juga disebut-sebut sebagai anak yang bodoh pada mulanya. Sama halnya dengan Petrus yang pernah gagal karena menyangkali Gurunya, namun setelah ia dipenuhi dengan Roh Kudus, sekali khotbah 3.000 jiwa bertobat (Kisah Para Rasul 2:41). Begitu juga dengan tokoh-tokoh yang gagal lainnya.

Kalau Anda merasa Anda adalah orang kalah dan gagal, Allah sanggup mengubahkan semuanya itu untuk kemuliaannya. Saya ingin membagikan ada 3 berkat di dalam kegagalan:

Pertama, kegagalan akan membawa Anda bergantung kepada Allah. Ya, kegagalan adalah seperti menapaki setiap tangga menuju hubungan yang lebih intim dengan Allah. Kegagalan akan menjadikan Anda menyadari akan kelemahan Anda. Dan itu berarti Anda akan menggantungkan hidup Anda kepada Allah.

Kedua, kegagalan akan menjadikan Anda orang yang rendah hati. Tanpa kegagalan, Anda akan memandang remeh kepada orang-orang yang gagal. Anda akan merasa selalu di atas. Namun begitu kegagalan menerpa Anda, maka Anda akan melihat diri Anda setara dengan orang-orang yang gagal. Anda akan melihat diri Anda berada di bawah. Dan inilah saat Anda belajar mengenai kerendahan hati. Persepsi Anda akan sekeliling Anda akan berubah sebab kegagalan itu.

Ketiga, kegagalan akan membuat Anda menghargai kasih karunia dan pengampunan Allah. Kegagalan akan menyebabkan Anda berpaling dari dunia dan menatap kepada Allah. Anda akan memohon pengampunan dan akan menghargai pengampunan Allah. Pengampunan Allah memang gratis tetapi harganya setara dengan pengorbanan Kristus di kayu salib. Orang-orang yang pernah gagal akan melihat salib Kristus dalam pengertian yang baru.

Renungan:

Tidak selamanya kegagalan selalu berkonotasi buruk. Apabila Anda mengizinkan Allah bekerja dalam hidup Anda, maka kegagalan itu akan membawa Anda kepada dimensi baru dalam hidup Anda. Jadi izinkanlah tangan Allah membentuk Anda di tengah kegagalan Anda.


Bagikan Artikel Ini :



Facebook Comments



Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by WordPress | Designed by: theme for wordpress | Thanks to Tim McGraw Tour, Körkortsteori and Wicked Fort Lauderdale

Switch to our mobile site